
Mata pelajaran fisika juga
merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit bagi sebagian siswa.
Mungkin ada benarnya mata pelajaran fisika dianggap sulit, hal ini bisa karena
siswa kurang mahir dalam perhitungan matematika, karena fisika juga identik
dengan perhitungan angka yang notabennya banyak digunakan rumus. Selain itu,
bisa juga karena cara/metode yang digunakan guru kurang menarik atau monoton
terhadap pembahasan soal. Hal ini tidak bisa disalahkan karena memang tuntutan
sekolah saat ini ujian sebagai tahap akhir sekolah.
Mata pelajaran fisika
merupakan mata pelajaran real yang bisa kita lihat dalam kehidupan
sehari.Karena dia bisa merupakan kegiatan makhluk hidup atau pun peristiwa yang
terjadi. Mata pelajaran fisika akan lebih menarik jika diajarkan dengan metode
eksperimen. Jadi hal ini diperlukan kreatifitas guru untuk memilah-milah metode
mana yang digunakan pada suatu materi agar materi tersebut dapat menarik dan
diminati siswa yang akhirnya dapat tercapai tujuan pembelajaran yang sudah
ditentukan guru di dalam RPP nya.
Metode eksperimen merupakan
salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran IPA. Dengan metode tersebut
siswa dapat melihat langsung objek/materi yang sedang dipelajari. Memang tidak
semua materi dalam fisika bisa dieksperimenkan untuk tingkat siswa SMP/MTs. Hal ini bisa dikarenakan
alat dan bahan, kondisi sekolah, dan keselamatan dari siswa tersebut.
Jadi guru harus lebih kreatifitas juga dalam menggunakan metode ini. Pillihlah
alat dan bahan yang sederhana sehingga tidak memberat siswa dalam biaya.
Berikut saya akan berikan
beberapa materi dalam mata pelajaran fisika yang dapat dieksperimenkan, yaitu:
ü Gerak
lurus, alat
dan bahan : siswa tersebut, stopwatch,meteran,halaman sekolah, ticer
timer, beban, papan
ü Pengukuran, alat dan bahan :
mistar,meja siswa, buku tulis,busur,jangka sorong,mikrometer
ü Optika, alat dan bahan : cermin
datar, cermin cembung,cermin cekung,lensa
ü Alat-alat
optik, alat
dan bahan: chart mata (bisa dibuat guru sendiri), kamera, lup, mikroskop,
teropong ( kalo sekolah tidak punya bisa menggunakan teropong mainan, atau bisa
membuat teropong sendiri dengan menggunakan cermin)
ü Suhu, alat dan bahan : air
panas ( yang didihkan ), es
batu, termometer,
ü Pemuaian : paku atau kawat, api( pembakaran bunsen kalo
ada ), air, bejana kaca, kain bekas
ü Listrik
Dinamis, alat
dan bahan: multimeter, beberapa
kawat/kabel tipis penghantar arus listrik, beberapa batu baterai, bohlam, resistor, capasitor, pengamatan meteran listrik
di rumah
ü Getaran dan Gelombang, alat dan bahan : tali,
slingki, bandul
ü Bunyi, alat dan
bahan : garpu tala, gitar,
Selain menggunakan metode
eksperimen, juga bisa menggunakan media persentasi (contoh powerpoint) yang
dibuat menarik, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dan gurupun lebih mudah
dalam menjelaskan, In sya Allah untuk beberapa materi powerpoitn akan saya
postingkan di laman berikutnya.
Saya yakin bahwa bapak/ ibu
guru masih mempunyai beberapa ide dalam mengajarkan mata pelajaran fisika
yang menarik.
Ok
selamat mencerdaskan anak bangsa. Mohon
maaf atas segala kekurangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar